Tips Memilih Tas Ransel Untuk si Buah Hati

Memilih Tas Ransel Untuk Anak

 
Hampir semua anak sekolah menggunakan tas ransel untuk membawa benda-benda keperluannya setiap hari. Dan tanpa kita sadari, kondisi ini dapat mengakibatkan gangguan atau nyeri pada punggung, leher dan bahu diikuti dengan munculnya rasa kebas pada lengan. Rasa sakit ini disebabkan beban berat dari isi tas ransel yang disertai dengan dipenuhinya ketentuan untuk kondisi dan penggunaan ransel yang baik.
 
Tetapi jangan buru-buru mengganti tas ransel anak anda dengan tas sandang atau tas koper karena penelitian membuktikan bahwa tas-tas model ini bahkan lebih buruk. Tas ransel jika dibuat dan digunakan dengan baik tidak akan menimbulkan masalah. Berikut tips untuk memilih Tas Ransel untuk anak:
  1. Tas ransel yang baik memiliki bantalan di bagian bahu, punggung, serta memiliki pengikat di bagian pinggang (waist belt). Bantalan di bahu berfungsi untuk mengurangi tekanan pada bahu dari tali ransel yang kecil. Bantalan pada bagian punggung meredam benturan tas (dan isinya) ke punggung anak. .  
  2. Pengikat pada bagian pinggang dan dada berfungsi menstabilkan beban dari tas ransel.
  3. Terbuat dari material yang kuat.
  4. Memiliki bantalan bahu yang cukup lebar.
  5. Memiliki bantalan pada bagian ransel yang menempel dengan punggung .
Tas ransel yang berat dan tidak disandang dengan benar akan menarik punggung sehingga tubuh anak cenderung untuk maju ke depan untuk mengkompensasi tarikan tersebut. Hal ini dapat menekan atau bahkan merusak tulang belakang yang nantinya akan menyebabkan nyeri punggung dan leher. Kecenderungan untuk mengarahkan tubuh ke depan mengakibatkan anak mengarahkan bahunya ke depan sehingga dapat menekan paru-paru. Hal ini tanpa disadari akan mengakibatkan masalah pada anak yang menderita asma.

 

Jika tas ransel anak anda sudah memenuhi ketentuan ini, pastikan ia juga mengerti bagaimana cara menyandang yang benar. Tempatkan barang-barang yang berat pada bagian yang dekat dengan punggung, jangan memasukkan barang berlebihan dan ajarkan mereka untuk tidak membawa barang-barang yang tidak mereka perlukan di sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s